Peran Komunikasi Dalam Organisasi
1. Pengertian dan Arti Penting Komunikasi
Manusia pada kehidupan ini
memerlukan komunikasi dalam arti kita sebagai manusia membutuhkan orang lain
atau membutuhkan kelompok untuk berinteraksi agar manusia tahu betapa pentingnya
komunikasi tersebut. Dalam hal ini kita akan membahas apa arti dari pengertian
komunikasi itu sendiri.
Terdapat
dua pengertian komunikasi, yakni secara etimologis dan terminologis. Secara
etimologis (asal kata), komunikasi berasal dari bahasa Latin communicatio yang bersumber dari kata communis yang berarti sama atau menjadikan
milik bersama. Sedangkan secara terminologis, komunikasi memiliki arti proses
penyampaian sesuatu dari satu orang ke orang lain. Dapat disimpulkan bahwa
dalam proses komunikasi melibatkan paling sedikit dua orang. Proses ini sudah
barang tentu mudah ditemui di kehidupan bermasyarakat, dimana sesuai dengan
fitrah manusia yakni sebagai homo sosiali. Komunikasi dalam konteks ini lebih
menekankan pada komunikasi antar manusia atau yang sering kita sebut dengan
human comunication atau social comunication. Sehingga human comunication ini
memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan komunikasi transdental (bersifat
ghaib), komunikasi hewan dan komunikasi fisik.
2.
Jenis Komunikasi
Menurut
jenisnya, komunikasi dapat diklasifikasikan menjadi dua, yakni komunikasi
verbal dan komunikasi non verbal.
a)
Komunikasi verbal. Verb memiliki arti kata, sehingga dalam komunikasi verbal
menitikberatkan pada penggunaan kata-kata. Aspek-aspek dalam komunikasi verbal
meliputi :
§ Vocabulary : penggunaan kata
yang efektif dan efisien sangat dibutuhkan dalam proses komunikasi secara
verbal, sehingga diharapkan recipient (penerima informasi) atau dalam hal ini
komunikan dapat memahami informasi secara cepat.
§ Kecepatan : kecepatan dalam
pelafalan suatu kata hendaknya dapat diatur oleh penyampai informasi.
§ Intonasi : intonasi memiliki
peran yang amat penting dalam komunikasi verbal, perbedaan intonasi
mempengaruhi perbedaan arti.
§ Humor : tertawa dapat membantu
menghilangkan stress dan nyeri. Tertawa merupakan hubungan fisik dan psikis dan
harus diingat humor merupakan satu-satunya dalam berkomunikasi (Dugan, 1989).
Namun yang harus tetap diperhatikan adalah penggunaan humor dalam selingan
komunikasi harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.
b)
Komunikasi Non Verbal. Proses komunikasi ini tanpa menggunakan kata-kata dan
bertujuan untuk memperjelas komunikasi verbal, baik itu menggunakan gerak
tangan, kontak mata, sentuhan, mimik, dll. Atau dengan kata lain komunikasi non
verbal ini menitikberatkan pada gestur tubuh.
3.
Proses Komunikasi
Komunikasi mempunyai komponen-komponen
seperti berikut :
a)
Komunikator : penyampai pesan.
b)
Komunikan : penerima pesan.
c) Pesan
: sesuatu yang akan disampaikan dari pihak komunikator ke pihak komunikan.
Pesan merupakan paduan antara pikiran dan perasaan yang dapat berupa keluhan,
ide, imbauan, anjuran, dll.
d) Media :
alat bantu yang digunakan untuk penyampaian pesan, misal antara komunikator dan
komunikan dalam rentang jarak yang relatif jauh mereka tentu saja membutuhkan
suatu alat bantu. Contoh : surat, surat elektronik atau yang sering kita sebut
dengan e-mail, telepon, dll.
e) Efek
: dampak yang ditimbulkan setelah penerimaan komunikasi.
4.
Syarat-syarat komunikasi yang efektif
a)
Menciptakan suasana yang kondusif.
b)
Menggunakan bahasa yang mudah dicerna.
c) Pesan
yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh komunikan serta memberikan efek yang baik.
5. Implikasi Manajerial
implikasi mempunyai arti sebagai
akibat. Disini, implikasi manjerial merupakan suatu proses komunikasi baik
horizontal maupun vertikal secara efektif agar meningkatkan hubungan sosial
serta dalam usaha memajukan perusahaan. Hal ini, implikasi manajerial terbagi
menjadi dua, yaitu :
a)
Implikasi prosedural yang meliputi tata cara analisis, pilihan representasi,
perencanaan kerja dan formulasi kebijakan.
b)
Implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan
tindakan.
Nama : Septian Dwi S.
NPM : 16112930
Sumber :
http://rossyavani.wordpress.com/2014/03/18/peran-komunikasi-dalam-organisasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar